Jumat, 04 Maret 2016

Memulai Usaha Warung Kopi Dengan Modal Kecil

Memulai Usaha Warung Kopi Dengan Modal Kecil 


https://www.maxmanroe.com/wp-content/uploads/2014/05/Kedai-Kopi-Kapal-Api.jpg 

Peluang bisnis warung kopi dengan modal kecil semakin banyak dilirik orang. Alasannya karena dengan modal kecil dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Mungkin, masih banyak orang belum tahu tentang apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memulai usaha warung kopi ini.. berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika memulai sebuah bisnis kopi:
1      Lokasi
Lokasi menjadi salah satu faktor utama untuk memulai sebuah bisnis, tempat yang strategis dan mudah dijangkau akan mempermudah konsumen untuk membeli. Usahakan untuk menempatkan lokasi di tempat umum dan banyak lalu lalang orang. Seperti, pasar, mall, pusat perbelanjaan, alun-alun, dan taman. Tentu saja kebersihan juga harus dijaga, karena itu berpengaruh pada kenyamanan konsumen.
2     Strategi Usaha
Jika kamu ingin usahamu sukses, kamu perlu memiliki strategi yang inovatif dan sesuai dengan visi misi usahamu. Pastikan bahwa kopi yang disajikan memiliki rasa yang khas dan unik.
3     Fasilitas
Berikan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, sebab ini akan membuat konsumen merasa nyaman. Jika kamu tidak memiliki tempat yang cukup luas, kamu bisa menyediakan wifi sebagai fasilitas tambahan. Toh, ini tidak membutuhkan modal yang banyak bukan?
4     Promosi
Tidak akan lengkap rasanya jika kamu tidak mempromosikan usahamu ke orang-orang, paling tidak promosikan usahamu ke teman-teman terdekatmu. Jika kamu tidak memiliki banyak uang kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usahamu. Kamu bisa menggunakan media sosial yang saat ini banyak digemari seperti Instagram, facebook, atau twitter.
5     Izin Usaha
Jika usahamu semakin besar memiliki izin usaha menjadi hal penting, kamu harus mengajukan izin usaha ke pihak yang berwenang. Karena, jika ada masalah kamu bisa mempertanggung jawabkannya.
6     Makanan Pendukung
Kamu perlu memberikan inovasi terhadap menu-menu yang kamu jual. Bukan hanya kopi yang dijual tetapi kamu bisa menambahkan snack, tentu saja ini akan menjadi melengkapi menu yang kamu jual.
7     Pelayanan
Memberikan sebuah pelayanan yang baik menjadi nilai tambahan. Pelayanan yang baik tentu akan membuat nyaman konsumen. Jadi, berikanlah pelayanan yang friendly karena pengunjung atau konsumen akan merasa meminum kopi dirumah sendiri.
STMIK Amikom Yogyakarta

1 komentar:

  1. terimakasih atas artikelnya yang sangat bermanfaat.. untuk lokasi, wilayyah kampus biasanya memiliki prospek yang cukup bagus...
    Usaha Kreatif Anak Muda

    BalasHapus